May 2, 2009

Majalah fotografi format pdf dengan format video

From The Light Magazine

Beberapa waktu yang lalu manajemen the light magazine (www.thelightmagz.com) pernah melemparkan ide untuk dibuat The Light edisi cetak. Namun karena beberapa pertimbangan, ide tersebut dibatalkan.

Salah satu alasan kuat mengapa ide tersebut dibatalkan adalah karena timbul ide yang lebih brilliant, unik dan juga lebih memberikan benefit kepada pembaca. Ide tersebut adalah menerbitkan The Light Motion. The Light Motion adalah the light (yang tetap dalam format pdf) yang memiliki konten berupa gambar, teks (seperti biasa) dan juga ditambahkan konten Video yang bisa langsung di play dengan program adobe reader versi 6 ke atas.

Konten video dari The Light motion berdurasi sekurangnya 30 menit per edisi dan akan berisi sedikitnya satu dari konten di bawah ini;
1. Behind the scene pemotretan yang dilakukan oleh professional photographer
2. Tutorial yang dibawakan oleh professional photographer
3. Liputan event, seminar, workshop, launching produk, pameran, dll
4. Photography trip.
5. interview dengan photographer
6. liputan utama

Saat ini kami telah memiliki stok materi video untuk sedikitnya 6 edisi ke depan, dan akhir bulan ini akan ditambah materi Photography trip yaitu The Light Goes to Shanghai & Hongkong untuk meliput studio dan proses pemotretan salah seorang fotografer termahal di sana yang juga merupakan orang Indonesia.

Untuk beberapa edisi awal, konten video The Light Motion akan diisi oleh video behind the scene dari proses pemotretan behind the scene full coverage selama 5 hari + penjelasan dari key person yang terlibat, yaitu Sam Nugroho (photographer), Andy Darmawan (art director), Mira warganegara (stylist), QQ Franky (make up artist), Alex Komang (talent), Surya Nugroho (DI artist).

The Light motion hadir dengan tujuan agar proses pebelajaran dan usaha memperkaya referensi berfotografi bisa lebih holistic, tidak hanya dalam bentuk foto dan tulisan tapi juga video yang bisa di replay kapanpun anda menginginkannya.

The Light motion diproduksi oleh team yang berpengalaman dibidang broadcasting di beberapa TV station di Indonesia dan regional asia pasifik. Equipment yang digunakan, mesin editing yang digunakan dan juga teknik editing yang digunakan berstandar broadcast internasional. Sehingga
kualitasnya bukan sekedar "asal ada video".

Namun, karena besaran file The Light motion bisa mencapai ratusan atau bahkan ribuan mega, maka kami dengan berat hati tidak bisa menyebarkan edisi video ini secara gratis di internet karena akan memakan bandwidth. The Light motion akan dikemas dalam bentuk CD / DVD yang dikemas dengan case yang menarik. Pada akhirnya karena ada cost produksi yang tidak murah untuk memproduksi The Light motion termasuk biaya replikasinya, maka The light
motion tidak akan diedarkan secara gratis, alias akan dijual. (harga tidak akan lebih dari Rp.50.000 per keping - tidak termasuk ongkos kirim)

Bagi anda yang berminat mendapatkannya, bisa melakukan pre order dengan mengirimkan email ke anything@thelightmagz.com Untuk 100 pemesan pertama yang lunas akan mendapatkan voucher workshop fotografi oleh The Light yang akan dibawakan oleh fotografer top Indonesia yang akan diadakan bersamaan dengan launching The Light Motion.

The Light motion akan diluncurkan dalam waktu dekat. Untuk itu mohon komentar, saran dan kritiknya mengenai The Light video.

Mohon bantuannya untuk menyebarkan email ini ke milis yang berhubungan dengan photography, art, design, jurnalistik, dan milis lain yang relevan dengan topik ini untuk membantu majunya dunia fotografi indonesia. Karena sudah jelas, majalah ini tidak akan bisa eksis dan memperkaya fotografi indonesia tanpa dukungan kita semua.

The Light Magazine

2 comments:

Anonymous said...

Many thanks for the information. Now I will know it.

Anonymous said...

I do not understand something